Limpung Kue Basah Khas Cirebon 

Limpung Kue Basah Khas Cirebon 
Kue limpung

 

CIREBON (golali.com) - Kue basah menjadi pilihan kudapan yang bisa kita nikmati dalam berbagai kondisi, baik untuk sarapan ataupun makanan kecil penunda lapar. Jika kita tengah berada di Cirebon salah satu kue basah yang bisa kita pilih yaitu limpung.

Kue limpung yang termasuk jajanan pasar ini terbuat dari campuran tepung beras dan tapioka yang ditaburi dengan kelapa parut, sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal dan gurih. Selain di Cirebon sebagai daerah asal dari kudapan yang pada 2017 termasuk Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia ini, kita pun bisa menemukannya diberbagai pasar tradisional yang ada di Provinsi Jawa Barat salah satunya di Kabupaten Bandung. 

Jika susah untuk menemukan kue basah berwarna hijau ini, kita bisa membuatnya sendiri. Berikut resep limpung yang bisa dicoba di rumah 

Bahan :
250 gram tepung beras 
150 gram tepung tapioka 
100 ml Santan 
Daun pisang secukupnya  
Daun pandan atau suji secukupnya untuk pewarna 
1/2 sendok teh garam 

Bahan Taburan
200 gram kelapa parut dari kelapa sedang

Cara Membuat  
1. Campurkan tepung beras, tapioka, santan, garam, dan daun pandan atau suji  yang telah dihaluskan dan diambil airnya dalam panci. Aduk-aduk semuanya dengan sendok.
2. Panaskan panci berisi campuran adonan tersebut di atas api sedang dan aduk sampai mengental 
3. Biarkan dingin, bungkus dengan daun pisang seperti lontong 
4. Kukus selama 20 menit 
5. Setelah dingin, potong-potong 
6. Taburi potongan limpung dengan kelapa parut  

Selamat mencoba dan menikmati