Logitech Kampanyekan Dampak Karbon

Logitech Kampanyekan Dampak Karbon
Logitech Commits

 

JAKARTA (golali.com) - Perusahaan produk cloud peripherals Logitech Internasional mengkampanyekan dampak karbon dari semua produknya di setiap kardus kemasan dan situs web perusahaannya. Program ini guna mengajak masyarakat dan industri lainnya dalam menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan dari dampak karbon. 

"Kami menyadari besarnya tantangan lingkungan yang dihadapi bumi kita saat ini. Kami menggandakan upaya kami untuk mengurangi dampak kami terhadap lingkungan, namun kami tidak dapat melakukannya sendiri. Dengan mengkomunikasikan dampak karbon atas setiap produk, kami berdayakan konsumen dan berkolaborasi untuk memperbaiki dunia. Karbon adalah jenis kalori baru. Kami juga mengundang perusahaan lain untuk bergabung bersama Logitech untuk melakukan perubahan positif melalui pemberian transparansi seperti ini pada produk mereka. Dibutuhkan upaya dari seluruh industri untuk benar-benar membuat perubahan.” Terang Presiden dan CEO Logitech Bracken Darrell, dalam rilis yang diterima golali.com, Rabu (17/6/2020). 

Dampak karbon adalah pengukuran kuantitatif yang diakui selaras dengan upaya aksi iklim. Logitech telah  mengembangkan kemampuan Life Cycle Analysis (LCA), yang dapat menunjukkan dampak karbon suatu produk selama masa pakai produk tersebut, dari bahan mentah hingga pembuatan, distribusi, penggunaan konsumen, dan pada akhirnya memasuki akhir masa pakai. Penerapan alat LCA dan keahlian desain memungkinkan perusahaan untuk menganalisis dampak karbon, kadar racun (toxicity), dan sirkularitas dari berbagai produk dan bahan kemasan.
Langkah ini sebagai salah satu cara dukungan Logitech untuk Perjanjian Paris dan komitmen perusahaan yang akan menggunakan tenaga listrik dari sumber terbaharui secara eksklusif pada 2030 mendatang. 

Dalam menjalankan programnya untuk menjaga integritas perhitungan internal perusahaan, Logitech akan bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu Natural Capital Partners, iPoint Group, dan penguji independen yang akan memverifikasi secara kritis dan memvalidasi tingkat dampak karbon produk sesuai standar sertifikasi DEKRA. 

"Menciptakan transparansi akan jejak karbon dari produk suatu perusahaan adalah langkah penting untuk mengurangi efek gas rumah kaca dan dengan ini secara tidak lansgung juga turut memerangi perubahan iklim," urai Sustainability Strategy  iPoint Group Martina Prox.