Makna Motif Batik Ridwan Kamil yang Dipakai Artis K-Pop

Makna Motif Batik Ridwan Kamil yang Dipakai Artis K-Pop
Makna Motif Batik Ridwan Kamil yang Dipakai Artis K-Pop (Dok : Humas Pemprov Jabar)

Motif Batik Garuda Kujang Kencana yang Dipakai Artis K-Pop

Beberapa waktu lalu, dua personel Super Junior, Leeteuk dan Yesung, menarik perhatian dan menjadi sorotan netizen ketika mereka menggunggah foto di media sosial yang memperlihatkan mereka mengenakan batik dengan motif yang menarik perhatian. Motif batik tersebut ternyata merupakan karya dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, yang sangat terkenal dengan desain kreatifnya.

Motif Batik Garuda Kujang Kencana

Motif batik yang dikenakan oleh artis K-Pop tersebut bernama Garuda Kujang Kencana. Motif ini sebenarnya merupakan perpaduan dua motif batik yang sangat populer di Indonesia, yaitu mega mendung dan kawung. Keduanya digabungkan dengan sangat apik dalam satu motif yang mengagumkan.

Makna Motif Batik

Ternyata, motif batik Garuda Kujang Kencana ini memiliki makna filosofis yang mendalam, yang mencerminkan nilai-nilai dan semangat bangsa Indonesia.

1. Motif Garuda Kujang Kencana mewakili tema wibawa, religius, dan nasionalis. Burung garuda yang digambarkan dalam motif ini merupakan simbol dari negara Indonesia yang memiliki makna kekuatan, kejayaan, dan semangat juang yang tinggi. Selain itu, dalam konteks religius, burung garuda juga dianggap sebagai makhluk yang berhubungan dengan para dewa.

2. Motif Mega Mendung menggambarkan kehidupan manusia secara utuh. Dalam kehidupan ini, manusia tak lepas dari berbagai rintangan dan tantangan, namun ia harus mampu melewati semuanya dengan penuh kesabaran, keteguhan, dan optimisme. Motif mega mendung ini menjadi simbol harapan dan keyakinan bahwa setiap tantangan akan dapat dihadapi dengan baik.

3. Motif Kawung melambangkan makna keadilan dan kesejahteraan. Motif ini berbentuk geometris sederhana dan di dalamnya terdapat benih padi, yang melambangkan makna kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyat Indonesia. Kawung juga melambangkan sikap dan perilaku bijaksana serta keadilan dalam bertindak dan berbuat.

Ketiga makna tersebut disatukan dalam motif batik Garuda Kujang Kencana, menciptakan karya seni yang tidak hanya indah secara visual tetapi juga kaya akan nilai filosofis yang mendalam.

Arti Lebih Mendalam

Tidak hanya itu, motif batik Garuda Kujang Kencana ini juga menjadi wujud dari apresiasi seni dan budaya Indonesia. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sebagai seorang arsitek dan desainer ternama, telah berhasil menciptakan sebuah karya batik yang memperlihatkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia.

Penggunaan batik ini oleh dua personel Super Junior, Leeteuk dan Yesung, juga menunjukkan apresiasi mereka terhadap budaya Indonesia. Dalam era globalisasi seperti sekarang, ketika budaya-budaya dunia saling berinteraksi, penting bagi kita untuk tetap melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Dukungan terhadap Kreativitas Lokal

Penggunaan batik ini oleh artis K-Pop juga memberikan dukungan besar terhadap kreativitas lokal. Ketika para selebriti, terutama dari kalangan internasional, memilih untuk mengenakan karya seni lokal, seperti batik, hal ini memberikan apresiasi dan dukungan yang luar biasa bagi para perancang lokal. Diharapkan hal ini akan mendorong perkembangan industri kreatif dan mampu mengangkat citra seni Indonesia ke tingkat dunia.

 

Kesimpulan

Motif batik Garuda Kujang Kencana yang dipakai oleh dua personel Super Junior ini bukan sekadar sebuah pakaian, tetapi juga merupakan wujud apresiasi terhadap seni dan budaya Indonesia. Makna filosofis yang terkandung di dalamnya mengajarkan kita tentang nilai-nilai luhur kehidupan dan semangat nasionalisme. Penggunaan batik oleh artis K-Pop juga berperan dalam melestarikan budaya Indonesia dan mendukung kreativitas lokal. Semoga semakin banyak lagi orang yang tertarik dan mengenal keindahan serta makna yang ada di balik batik Indonesia.

Baca Juga :