Manis Renyah Pisang Molen khas Bandung

Manis Renyah Pisang Molen khas Bandung
Pisang molen khas Bandung

 

BANDUNG (Golali.com) - Sebutan surga kuliner bagi Bandung memang sangat tepat, ada beragam cemilan khas Bandung yang bisa dipilih. Salah satunya pisang molen, kuliner Bandung bercitarasa manis ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu. 

Pisang molen biasanya memakai bahan baku pisang kepok, nangka, atau tanduk. Di mana ketiga jenis pisang ini, sangat cocok untuk dibuat beragam olahan seperti pisang molen.

Baca juga :

Nama pisang molen, kabarnya berasal dari penggunaan alat membuat adonan untuk kulitnya yang diputar atau molen. Ya, kulit dari pisang molen berasal dari campuran tepung terigu, telur, gula putih, dan mentega.Kemudian ditipiskan dan dimasukkan dalam alat putar tersebut. 

Proses pemasakan pisang molen, yaitu dengan cara digoreng dalam minyak panas. Ciri khas warna dari pisang molen, kuning kecokelatan. 

Baca juga : 

 


Sehingga tidak mengherankan, selain memiliki rasa yang legit, pisang molen pun terasa gurih. Selain itu, tekstur dari pisang molen ini pun renyah. 

Pisang molen, biasanya dikonsumsi sebagai cemilan untuk beragam kesempatan yang biasanya dipadukan dengan teh atau kopi.

Di Bandung, pisang molen dijual dari mulai pedagang gorengan keliling, pasar, sampai toko kue. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp500 per buah.

Pedagang molen, biasanya melakukan beragam inovasi untuk isian. Selain 
pisang adapula yang menggunakan nanas atau kacang hijau.

Penjual biasanya menyediakan pisang molen, dari pagi sampai malam hari atau sepanjang hari. (*/Golali.com)