Mencicipi Sensasi Rasa Istimewa Soto Ayam Khas Kudus

Mencicipi Sensasi Rasa Istimewa Soto Ayam Khas Kudus
Soto Ayam Khas Kudus

 

KUDUS (golali.com) - Soto menjadi salah satu kuliner berkuah yang hadir diberbagai daerah di tanah air, hanya saja masing-masing daerah memiliki keunikan sendiri, seperti soto ayam khas Kudus.

Soto ayam asal Kabupaten Kudus memiliki tampilan warna kuah agak sedikit kecokelatan, yang berasal dari jinten dan kecap manis. 

Semangkuk soto ayam kudus terdiri dari suwiran daging ayam kampung goreng, tauge, potongan tomat, sepasi telur ayam, irisan seledri, taburan koya, kecap manis, dan bawang goreng ditambah kaldu ayam yang telah mendapatkan beragam rempah.

Kuliner lainnya : Nikmatnya Soto Bandung yang Hangat

Biasanya soto kudus dihadirkan dengan nasi, yang menggunakan dua cara penyajian yakni dicampur dalam mangkuk atau dengan nasi yang ditempatkan dalam piring terpisah.

Kuliner dari Kudus ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis, semakin nikmat jika ditambah perasan jeruk nipis yang memberikan kesegaran ditambah kriuknya kerupuk udang. Selain itu, untuk pecinta pedas bisa menambahkan  sambal cabai. 

Di Kabupaten Kudus, para pelancong dapat menemukan soto ini dengan mudah. Hampir di setiap jalan utama di Kudus terdapat penjual soto ayam Kudus. 

Menu khas Kudus ini pun dapat ditemui di daerah lain di luar Kudus. Biasanya menu ini dijual warga Kudus yang merantau keberbagai daerah luar Provinsi Jawa Tengah seperti Kota Bandung, Jakarta, dan lain-lain. (*/golali.com) 

Kuliner lainnya : Segar dan Gurih Soto Mie Bogor