Mengenal Bandung di Museum Kota Bandung

Mengenal Bandung di Museum Kota Bandung
Museum Kota Bandung

BANDUNG (golali.com) - Kota Bandung termasuk salah satu kota yang memiliki sejarah yang panjang. Untuk mengetahui sejarah Kota Kembang, kita bisa mengunjungi Museum Kota Bandung yang berada di Jalan Aceh No 47, Kota Bandung.

 

Museum yang diresmikan Wali Kota Bandung Oded M Danial pada 31 Oktober 2018 ini, buka pada Selasa sampai dengan Minggu pukul 10.00 – 17.00 WIB. Asyiknya kita tidak usah mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk, cukup mengisi buku tamu yang berada di depan pintu masuk.

 

Di museum ini kita bisa mengetahui jika dahulu wilayah ini, pernah menjadi bagian Kerajaan Mataram Islam pada masa pemerintahan Sultan Agung, penjajahan Belanda dan Jepang, pembentukan wilayah ini menjadi Kota Bandung, kisah heroik para tokoh yang memperjuangan maupun mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kota Bandung, nama-nama  Wali Kota Bandung dari dahulu hingga sekarang, hasil pembangunan fisik sejak berdirinya Kota Bandung, dan sejarah singkat perjalanan bangunan museum.     

 

Bangunan yang kini digunakan sebagai museum, sudah berdiri sejak tahun 1920. Pada awal berdiri digunakan untuk Fraberischool (sekolah taman kanak-kanak) milik Loge Sint Jan dari kelompok Vrijmerselarij (Freemasonry) Bandung. Pascakemerdekaan bangunan cagar budaya kelas A ini pernah beberapa kali digunakan kantor berbagai lembaga dan instansi pemerintah. 

 

Angkutan Umum 

- Ledeng - Kebon Kalapa 

- Ledeng - Margahayu Raya 

- Ciroyom - Antapani