Miniatur Vespa dan Moge Dari Sampah Anorganik Bisa Jadi Oleh-Oleh dari Kota Bandung

Miniatur Vespa dan Moge Dari Sampah Anorganik Bisa Jadi Oleh-Oleh dari Kota Bandung
Perajin asal Kota Bandung, Ade Syaripudin sedang membuat miniatur vespa dan moge di rumahnya (Dok Humas Pemkot Bandung)


BANDUNG (Golali.com) - Jejeran miniatur vespa menghiasi salah satu sudut bagian depan rumah, di Jalan Sasak Gantung, Nitipraja, Gang Ratna RT 01/RW 05, No 127/18C Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol  Kota Bandung.  Itulah rumah Ade Syaripudin (70 tahun), pemilik sekaligus pembuat miniatur vespa tersebut. 


Sekilas tidak akan ada yang menduga jika miniatur vespa, terbuat dari  berbagai  sampah anorganik, yang kebanyakan orang membuangnya ke tempat sampah.

Pasalnya semuanya terlihat sangat rapih.
Siapapun baru akan mengetahui bahan baku dari miniatur vespa antik tersebut menggunakan limbah anorganik, jika  bertanya kepada Ade.

Ya, Ade hanya memanfaatkan sampah anorganik, seperti  kaleng minuman, tutup botol, dan plastik bekas.

Klik juga : 


Juga komponen elektronik seperti motherboard komputer, handphone, dan radio yang dengan kreativitasnya menghasilkan miniatur vespa, motor gede (moge), robot, dan perahu.


Dalam berkreasi, Ade menggunakan peralatan sederhana berupa   gunting, tang, penggaris, obeng, gergaji, dan lem besi.  Ade merangkai satu per satu bahan yang berhasil dikumpulkan. Butuh waktu satu hari untuk membuat pola miniatur dari bagian terbesar hingga bagian terkecil.


"Sebetulnya pengerjaannya bisa lebih cepat, tapi masih terkendala alat. Saya ingin punya gurinda sama step. Kalau sekarang masih alat yang seadanya. Untuk satu miniatur motor vespa bahannya itu selain kaleng, ada tutup botol sama spon untuk ban dan joknya," ucap Ade dikutip dari rilis Humas Pemkot Bandung.


Untuk proses pengerjaannya sendiri, sambung Ade, miniatur vespa yang paling cepat proses pengerjaannya.


 "Kalau yang capet bikinnya ya Vespa, bisa satu hari. Yang lama itu robot plus pistolnya. Lama karena menghabiskan puluhan kaleng," imbuh Ade. 


Untuk dapat membeli produk miniatur buatan Ade, dapat  datang ke rumah Ade di Jalan Sasak Gantung, Nitipraja, Gang Ratna RT 01/RW 05 No. 127/18C Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Sebelumnya bisa juga menghubungi nomor telepon 0831-4527-9414.


Untuk pemasaran hasil karya Ade  masih terbatas, belum dipasarkan secara luas, termasuk secara online. Ade mengaku gaptek (gagap teknologi), apalagi jika harus menggunakan media sosial untuk penjualan secara online.


Ade hanya berharap dengan membuat karya kerajinan ini bisa membuat limbah sampah menjadi bermanfaat. 


"Saya bikin ini untuk mengisi waktu luang, berkarya. Sampahnya juga jadi bisa bermanfaat, tidak terbuang percuma. Kalau ada yang beli, syukur Alhamdulillah," pungkasnya. (*/Golali.com) 

 

Klik juga :