Obat Alami dari Bawang Putih 

Obat Alami dari Bawang Putih 
Bawang Putih

BANDUNG (golali.com) - Bawang putih banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, selain hadir sebagai salah satu bumbu dalam berbagai jenis masakan, bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Dikutip dari berbagai sumber, bawang putih yang punya nama latin Allium sativum ini disebut-disebut dapat mengendalikan tekanan darah terutama tekanan darah tinggi supaya stabil.

Bawang putih pun kaya akan vitamin C sehingga dapat menjaga sistem imun tubuh dari berbagai penyakit, selain itu bawang putih mengandung kalsium yang baik dalam menjaga kekuatan tulang.

Di samping itu, bawang putih yang dalam bahasa Inggris disebut garlic ini efektif dalam menurukan kadar kolestrol darah, sehingga tidak mengherankan jika bawang putih banyak dimasukkan dalam setiap bumbu untuk masakan berlemak tinggi seperti masakan daging.

Bawang putih tak hanya berkhasiat ketika kita mengonsumsinya, bawang putih pun bisa digunakan untuk obat luar seperti dalam perawatan untuk penyembuhan bisul dan jerawat.

Caranya cukup dengan menghaluskan bawang putih dan menempelkan pada bagian bisul atau jerawat dalam waktu secukupnya. Namun saat menempelkan pada bagian yang sakit tersebut, tangan kita harus bersih begitupun bagian kulit yang akan diobati. 

Jika mengonsumsi bawang putih dalam kondisi mentah akan menimbulkan bau mulut, mengatasinya untuk konsumsi pengobatan lebih baik bawang putih diiris tipis kemudian langsung ditelan seperti minum kapsul obat bersama air putih.

Untuk yang mengalami gangguan lambung, konsumsi bawang putih mentah seringkali berefek panas pada bagian perut sehingga lebih baik bawang putih tersebut dikonsumsi setelah direbus. Sementara untuk obat luar yang ditempel di kulit seringkali berefek panas, maka sebaiknya ditempel sedikit dahulu dan tidak terlalu lama sekitar satu menit.