Odading tidak Hanya Ada di Bandung

Odading tidak Hanya Ada di Bandung
Kue bohong dari Medan, salah satu kuliner yang rasanya mirip odading yang sempat viral (Dok Golali.com)

 

BANDUNG (Golali.com) - Kuliner Indonesia memang memiliki keberagaman, meskipun begitu seringkali kita menemukan jenis kuliner yang mempunyai kemiripan mulai dari bahan baku, proses pembuatan, sampai dengan rasa.

Hal ini pula yang terjadi pada odading, kuliner dari tanah Sunda yang memiliki kemiripan dengan beberapa kudapan lainnya yang ada di Tanah Air.

Cicipi juga : 


Beberapa waktu lalu pamor odading sempat naik, karena selebgram asal Kota Bandung, Ade Londok yang mempromosikan odading produksi Mang Oleh di Pasar Kosambi Kota Bandung dengan aksi nyeleneh. 
 

1.Kue Bohong 


Kue bohong berasal dari Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Kue ini memiliki bahan baku dan proses pembuatan yang sama dengan odading. 


Yakni menggunakan bahan baku tepung terigu dan ragi  dengan cara pemasakan di goreng. Bedanya kue ini berbentuk bulat dengan bagian dalam yang kosong sehingga disebut dengan kue bohong. 
Sementara odading dari Bandung memiliki bagian dalam berisi dengan tekstur yang lembut. 


2. Kue Bantal 


Kue bantal yang banyak ditemukan di Jakarta, memiliki bahan baku, cara pengolahan, bentuk, dan rasa sama dengan odading. Hanya namanya saja yang berbeda, kemungkinan pemberian nama tersebut merujuk pada bentuk persegi dan bertekstur empuk mirip dengan bantal. 


3. Gembukan 


Memiliki bahan baku, bentuk, proses pemasakan, dan rasa yang sama, di Kota Surakarta atau Solo, Provinsi Jawa Tengah kudapan yang satu ini mempunyai nama yang berbeda, yaitu gembukan.

Namun yang pasti  kesamaan dari ketiga roti goreng ini yakni dapat dinikmati dengan kopi dan teh hangat baik untuk cemilan maupun penunda lapar. (*/Golali.com)

Klik juga :