Operasi Ketupat Lodaya Berlaku Hari Ini

Operasi Ketupat Lodaya Berlaku Hari Ini
Dok FB Humas Polda Jabar

BANDUNG (golali.com) - Sejak Jumat 24 April 2020  (1 Ramadhan 1441 H) sampai dengan H+7 Idul Fitri tahun ini, Kepolisan Daerah (Polda) Jawa Barat menggelar operasi Ketupat Lodaya 2020. Tujuan operasi ini untuk mewujudkan situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif sebelum, sesaat dan sesudah Idul Fitri 1441 H serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak mudik guna menghindari penyebaran Covid-19.

Polda Jawa Barat akan menurunkan 29.885 personel gabungan, yang bertugas di 1.460 pos pengamanan, tersebar di berbagai daerah yang berada di bawah hukum Polda Jabar. 

Dari 1.460 pos pengamanan terdiri dari 246 pos pengamanan, 47 Pos pelayanan, 212 pos penutupan, dan 955 pos gatur. 


"Kita tidak pernah punya pengalaman menghadapi situasi yang seperti ini, maka kita harus sama-sama ikuti pedoman yang telah disampaikan pemerintah serta menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan pemerintah, Terkait Larangan Mudik maka harus diberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang situasi wabah saat ini," ungkap Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi dalam akun Facebook Humas Polda Jawa Barat


Selama Operasi Ketupat Lodaya 2020 ini pendistribusian bantuan sosial tetap berlangsung dan harus tepat sasaran, supaya tidak menimbulkan berbagai kerawanan.  Untuk itu meski mudik dilarang, kendaraan membawa sembako, bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan pokok tetap berjalan.