Operasi Penggunaan Masker di Kota Bandung  Sanksi Menanti

Operasi Penggunaan Masker di Kota Bandung  Sanksi Menanti
Operasi Penggunaan masker ini serentak di Kota Bandung. Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung mulai bergerak menegakan hukum guna memperketat pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Di tahap pertama ini secara serentak dilakukan operasi penggunaan masker. 

Penindakan gabungan ini, melibatkan Satpol PP didukung jajaran Polrestabes Bandung, Kodim 0618/BS, dan Detasemen Polisi Militer III/5 Bandung. Operasi akan berlangsung intensif hingga 14 hari ke depan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Rasdian Setiadi sebagai Sub Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung menuturkan untuk di tingkat kota lokasi penindakan difokuskan di empat titik.


“Penindakan khusus gugus kota kita ada di 4 lokasi. Yaitu di Kosambi, Pasar Baru kemudian Alun-Alun dan Pasteur. Untuk tingkat kecamatan di wilayahnya masing-masing bersama para Polsek dan Koramil. Kita serentak. Kita fokus penegakan disiplin menggunakan masker untuk perorangan," terang  Rasdian, dalam rilis yang diterima golali.com, Selasa, (15/9/2020).


Untuk operasi di kawasan Alun-Alun Bandung, tak kurang dari 70 pelanggar yang tidak menggunakan masker diberi tindakan tegas. Beberapa, di antaranya diminta untuk kembali ke rumahnya masing-masing.


“Ada yang tidak menggunakan masker. ada juga yang menggunakan tapi penggunaannya tidak tepat. Kita tegur mereka. Kita berikan sanksi memperlihatkan kartu identitasnya dicatat dalam blanko pelanggar setelah itu langsung disuruh pulang,” tandas Rasdian.


Rasdian menjelaskan alasan para pelanggar ini masih berkutat dari kurangnya kesadaran menjaga protokol kesehatan. Padahal, ketika dimintai keterangan hampir seluruh pelanggar mengaku telah mengetahui aturan penggunaan masker.


“Alasannya klasik, lupa. Padahal mereka tahu ada aturannya harus pakai. Kebanyakan (pelanggar) dari luar Kota Bandung,” urai Rasdian. 


Sementara itu, di Terminal Ledeng, Wakil Kepala Polsekta Cidadap, AKP A. Budiana juga menyiapkan sejumlah sanksi kepada para pelanggar. 


"Razia masker ini serentak di Kota Bandung. Bagi yang tidak menggunakan masker, akan kami beri masker dan disuruh menyanyikan lagu Indonsia Raya atau Garuda Pancasila," tegas Budiana. 


Camat Cidadap, Hilda Hendrawan mengungkapkan, selain merazia masker, kegiatan hari ini juga sekaligus sosialisasi tentang 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, menggunakan masker dan tidak berkerumun.


"Untuk warga Cidadap, Tolong Patuhi dan laksanakan imbauan dari Pemerintah, terapkan Pola Hidup 3M agar Wabah ini segera berakhir," pinta Hilda.