Pandemi Covid-19 Pasien ODGJ di Rumah Sakit Jiwa Cisarua Naik 20 Persen

Pandemi Covid-19 Pasien ODGJ di Rumah Sakit Jiwa Cisarua Naik 20 Persen
Pandemi Covid-19 Pasien ODGJ di Rumah Sakit Jiwa Cisarua Naik 20 Persen (Dok : rsj.jabarprov.go.id)

  

 

 

 

BANDUNG BARAT (Golali.com) –  Jumlah pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Cisarua naik 20 persen pada 2020. Hal ini terkait dengan adanya pandemi Covid-19. 

 


Data ini yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar. Pasien yang dirawat ini, berasal dari berbagai daerah yang ada di Jabar. 

Baca juga : 


Termasuk dari wilayah di Jabar, yang memiliki sentra industri besar. Sehingga kemungkinan peningkatan pasien ODGJ ini berkaitan dengan kehilangan penghasilan karena pemutusan hubungan pekerjaan (PHK) dari sentra indutstri yang terdampak pandemi Covid1-9. 

 


“Kondisi pandemi Covid-19, berdampak pada tekanan yang berat di berbagai sektor,” terang Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jabar, Elly Marliyani dikutip dari rilis tertulisnya, Senin 11 Oktober 2021. 

 

 

 

 

Kunjungan pasien ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua 


Sementara untuk kunjungan pasien cemas di Rumah Sakit Jiwa Cisarua, meningkat 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

 


“Banyak masyarakat yang cemas dan khawatir dengan kondisi pandemi Covid-19,” kata Elly Marliyani. 

Baca juga : 


Sampai saat ini, kata Elly Marliyani masyarakat masih memberikan stigma khusus terhadap fasilitas kesehatan jiwa sehingga memengaruhi dalam memahami masalah kesehatan jiwa sejak dini. 

 


“Sementara itu stigma terhadap fasilitas kesehatan jiwa masih kerap ditemui. Hal ini berdampak pada masyarakat yang kesulitan mengenali masalah kesehatan jiwanya,” beber Elly Marliyani. (*/Golali.com)