Pasar Induk Caringin Bandung di mana?

Pasar Induk Caringin Bandung di mana?
Pasar Induk Caringin Kota Bandung (Dok Golali.com)

BANDUNG (Golali.com) – Pasar Induk Caringin merupakan salah satu pasar sentra penjualan sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging. Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung.

Para pembeli yang datang ke Pasar Induk Caringin biasanya membeli dalam jumlah atau partai besar. Para pembeli ini kebanyakan para pedagang di berbagai pasar yang ada di Bandung Raya (Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, dan Kota Cimahi) yang menjual lagi komoditi yang mereka beli dari para pedagang di Pasar Induk Caringin. 

 

Klik juga : 

 

 

Sementara pedagang di Pasar Induk Caringin biasanya mendapatkan suplai barang dari para petani dan peternak yang mengirimkan komoditasnya langsung ke Pasar Induk Caringin. Baik dari para petani dan peternak di Bandung Raya, maupun kabupaten kota yang ada di Provinsi Jawa Barat maupun luar daerah.

Aktivitas jual beli di Pasar Induk Caringin ramai pada sore sampai malam hari, di mana pembeli berbelanja untuk menjual dagangannya pada pagi hari di pasar. Selain pedagang di berbagai pasar tradisional, komoditas di Pasar Induk Caringin juga dibeli para pengusaha catering maupun ibu rumah tangga untuk kebutuhan hajatan seperti pernikahan, khitanan, syukuran, maupun acara besar lainnya.

Jika berkunjung ke kota kembang, Pasar Induk Caringin bisa menjadi pilihan untuk wisata belanja dan melihat langsung aktivitas kesibukan para penjual dan pembeli. Untuk menambah pengalaman traveling yang berbeda dan berkesan dari sisi lain.  

Klik juga :

 

Bagaimana cara ke Pasar Induk Caringin?

1. Dari luar Kota Bandung 

Untuk sampai di Pasar Induk Caringin, sebenarnya cukup mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan roda empat pribadi maupun umum dari luar kawasan Kota Bandung, bisa keluar dari Gerbang Tol Kopo (untuk kendaraan pribadi) atau Pasir Koja (kendaraan pribadi dan umum). 

Dari Gerbang Tol Kopo, ambil arah kiri menuju Kota Bandung yakni Jalan Kopo (KH Wahid Hasyim), sampai pertigaan Jalan Kopo dan Cibaduyut sebelum lampu merah ambil ke arah kiri sekitar 500 meter akan sampai ke bagian belakang Pasar Induk Caringin yang menjadi los penjual buah-buahan. 

Jika ingin lewat pintu depan Pasar Induk Caringin, dari Jalan Kopo lurus sampai perempatan lampu merah Jalan Soekarno Hatta, ambil kiri jalan sekitar 750 meter menuju pintu depan pasar. 

 

Sementara jika keluar dari Gerbang Tol Pasir Koja (kendaraan pribadi), arahkan kendaraan menuju Jalan Soekarno Hatta, ambil jalur kanan lurus sekitar dua kilometer. Sampai putaran lampu merah setelah pintu Pasar Induk Caringin memutar balik menuju Pasar Induk Caringin yang berada di sebelah kiri jalan.   

Jika menggunakan kendaraan umum, turun di depan Pasar Induk Caringin dan menyebrang Jalan Soekarno Hatta yang terdiri dari dua jalur.

2. Dari Kota Bandung 

Jika memulai perjalanan dari kawasan Alun-Alun Kota Bandung sebagai pusat kota kembang. Arahkan kendaraan dari Alun-Alun di Jalan Asia Afrika menuju arah kiri, ke Jalan Otto Iskandar Dinata sampai kawasan Tegallega arahkan ke Jalan Inhoftank nanti keluar di perempatan Jalan Soekarno Hatta.

Arahkan kendaraan ke sebelah kanan menuju Jalan Soekarno Hatta lurus sampai ada penanda Pasar Induk Caringin yang berada di kiri jalan.(*/Golali.com)

 

Kendaraan umum yang melewati Pasar Induk Caringin Bandung :

Bus Primajasa Bandung - Lebakbulus Ciputat

Bus Primajasa Bandung-Jakarta (Cililitan)

Bus Primajas Bandung-Bekasi

Bus Primajasa Bandung-Cikarang

Bus Primajasa Bandung-Kalideres

Bus Primajasa Bandung – Tanjung Priuk  

Bus Damri Jatinangor Elang viaTol Moh Toha

Bus TMB Cibiru – Cibereum 

Angkot Cimahi – Leuwi Panjang 

Angkot Sadang Serang Caringin 

Angkot Dago – Caringin 

Angkot Soreang – Leuwi Panjang