Pelatihan Hygiene Sanitasi Makanan untuk Hasilkan Makanan yang Hygienis

Pelatihan Hygiene Sanitasi Makanan untuk Hasilkan Makanan yang Hygienis
Acara Pelatihan Hygiene ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita Sri, Kepala Bidang Sony Adam, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan (Kasie) Widyastuti, Bidang Diklat PHRI Jabar Sri Nilawati, dan Sekretariat PHRI Jawa Barat Iman Juliaman. 

 

BANDUNG (golali.com) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat bekerja sama dengan  Dinas Kesehatan Kota Bandung kembali menggelar "Pelatihan Hygiene Sanitasi  Makanan Bagi Penjamah Makanan" di The Papandayan Hotel Bandung Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, pada Rabu 23 September 2020.

 

"Training HS (higiene sanitasi) untuk penjamah makanan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mematuhi peraturan perundangan dan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran penjamah makanan akan pentingnya pengolahan makanan yang hygienis. Serta sebagai pemenuhan prasyarat pengajuan laik sehat hotel dan laik sehat restoran," terang Wakil Ketua BPD PHRI Jabar Dodi Sopiandi. 

 

Dodi menjelaskan penyelenggaraan pelatihan kali ini, merupakan kegiatan ketiga kalinya sepanjang 2020. Pertama pada 20 Februari 2020 dengan jumlah peserta 65 peserta berlangsung di Hotel Kedaton Bandung. 

 

Kedua digelar pada 27 Februari 2020 melibatkan 65 peserta, bertempat di Hotel Horison Ultima Bandung. Ketiga pada 23 September 2020 di The Papandayan Bandung yang diikuti 65 peserta. 

 

"Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, untuk kali ini pelatihan harus tetap mematuhi 3M lawan COVID-19 yakni, memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter, dan mencuci tangan," imbau Dodi. 

 

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita Sri, Kepala Bidang Sony Adam, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan (Kasie) Widyastuti, Bidang Diklat PHRI Jabar Sri Nilawati, dan Sekretariat PHRI Jawa Barat Iman Juliaman. 

 

Materi dalam kegiatan ini meliputi perundangan-undangan hygiene sanitasi makanan, protokol kesehatan tempat pengelolaan makanan, prinsip hygiene sanitasi makanan dan minuman.

 

Adapula materi tentang susunan dan tata letak dapur, pencucian dan penyimpanan alat, pemeliharaan kebersihan lingkungan, pengendalian serangga dan tikus untuk kebersihan dan kesehatan dapur, hygiene perorangan, pengawetan dan bahan tambahan makanan, penyakit bawaan makanan, dan bahan pencemar terhadap makanan.