Pengguna Narkotika di Jabar Capai 95.529 Jiwa

Pengguna Narkotika di Jabar Capai 95.529 Jiwa
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung AKBP Deni Yus Danial mengungkapkan angka pengguna narkotika di Jawa Barat termasuk Kota Bandung cukup memprihatinkan. Bahkan angka prevalensi Jawa Barat menjadi yang tertinggi di Indonesia yakni sekitar 0,6 persen atau sekitar 95.529 jiwa pengguna narkotika dalam rentang usia 15-62 tahun. 

"Di Jawa Barat, 20 persennya itu pengguna jarum suntik,” ucap Deni dalam rilis Humas Pemkot Bandung yang diterima golali.com, Jumat (26/6/2020).

Untuk itu BNN terus gencar menekan permintaan dan peredaran narkotika untuk menyelamatkan anak bangsa. BNN ingin menyelamatkan generasi emas yang akan menyongsong bonus demografi 2030 mendatang.

Untuk itu peran dari keluarga sangat penting guna mencegah penyalahgunaan narkotika, selain itu dukungan dari pemerintah dan publik figur juga dibutuhkan dalam pemberantasan narkotika. 

Salah satu langkah yang dilakukan BNN Kota Bandung yaitu dengan memberikan penghargaan kepada Wali Kota Bandung atas komitmennya dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Penghargaan juga diserahkan kepada Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, Dadang Gantina serta Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung Y. Ahmad Brillyana sebagai pegiat anti-narkoba.


Penghargaan lainnya diberikan kepada Lurah Kacapiring, Lurah Kujangsari, Lurah Cimincrang, Lurah Babakan, dan Gabungan Artis Seniman Sunda sebagai pegiat anti-narkoba.