Pengurusan Hewan Kurban, Warga Bisa Manfaatkan Rumah Potong Hewan

Pengurusan Hewan Kurban, Warga Bisa Manfaatkan Rumah Potong Hewan
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Dalam proses pengurusan hewan kurban, warga dapat memanfaatkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Ciroyom dan Cirangrang. Hal ini seusai dengan salah satu arahan pemerintah pusat, guna menghindari penyebaran Covid-19 dalam pengurusan hewan kurban. 

"Masyarakat yang tidak sanggup menyediakan penyembelihan sesuai protokol kesehatan dapat mendaftar ke RPH," ucap Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Ermariah dalam rilis yang diterima golali.com, Kamis (16/7/2020).

Kedua RPH tersebut akan melakukan penyembelihan hewan kurban dari hari H sampai H+3 Idul Adha.

Sementara untuk warga yang mengurus hewan kurban di sekitar tempat tinggalnya, Dispangtan Kota Bandung mengintruksikan pemotongan hewan kurban dilakukan secara terpusat dan dikoordinir oleh DKM ataupun kewilayahan. Sehingga pendistribusian hewan kurban bisa lebih terkoordinir. 

Selain itu, harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta petugas penyembelihan dan pemotongan hewan kurban juga diimbau membawa alat seperti pisau, golok, dan kapak masing-masing dan tidak saling pinjam. Sehingga bisa menghindari penyebaran virus corona.