PSBB Kota Bandung, Produksi Sampah Turun 5,2 Persen

PSBB Kota Bandung, Produksi Sampah Turun 5,2 Persen
PSBB Kota Bandung/Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung, produksi sampah per hari menurun sampai 5,2 persen dibandingkan kondisi normal. Berdasarkan catatan PD Kebersihan Kota Bandung biasanya dalam sehari, produksi sampah mencapai 1.347 ton sementara sekarang per hari mencapai 1.277 ton, itu artinya ada penurunan produksi sampah sekitar 70 ton.

"Turun lumayan 5,2 persen," ucap Pejabat Sementara Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Gun Gun Saptari Hidayat dalam rilis yang diterima golali.com, Jumat (22/5/2020). 

Gun Gun memperkirakan kondisi yang sama akan terjadi pada perayaan Idul Fitri 1441 H mendatang. "Tahun lalu, Kota Bandung itu tidak ada peningkatan signifikan. Hanya di titik tertentu saja. Tahun ini kemungkinan juga akan turun," sambung Gun Gun. 

Sementara untuk operasional armada guna menghindari penumpukan sampah di titik tertentu pada malam takbir, PD Kebersihan akan menerapkan sistem patroli di mana armada bersama petugas kebersihan akan mengelilingi Kota Bandung. 

"Biasanya armada stay, nah pada malam takbir itu armada yang patroli," ujar Gun Gun.