PSBB Sampai 4 dan 12 Juni 2020 di 40 Persen Wilayah Jawa Barat

PSBB Sampai 4 dan 12 Juni 2020 di 40 Persen Wilayah Jawa Barat
Dok FB Ridwan Kamil

BANDUNG (golali.com) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan sekitar 40 persen wilayah di Jabar akan memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai 4 dan 12 Juni 2020 mendatang, sementara 60 persen kawasan lainnya akan bersiap melaksanakan new normal sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat. 

Keputusan ini diambil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar berlandasan ketetapan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),  jika wilayah bisa mempertahankan indeks reproduksi covid (Rt) selalu diangka 1 selama 14 hari, maka wilayah bisa dikategorikan terkendali dan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bisa dilakukan dengan hati-hati.

"Itulah data Jawa Barat selama 14 hari, sehingga dijadikan percontohan tahap awal untuk proses adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan di 60 persen wilayah Jabar perlahan, bertahap dan hati-hati. Dan terus dilakukan pelacakan/pengetesan masif setiap hari," tulis Emil sapaan akrab dari Ridwan Kamil dalam akun facebook resminya, Kamis (28/5/2020).

Emil menghimbau kepada seluruh warga Jabar, untuk berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Hal ini supaya dalam new normal berjalan lancar dan sehat.