Relawan Mulai Mengikuti Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase Tiga

Relawan Mulai Mengikuti Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase Tiga
Ilustrasi Pixabay.com

 

BANDUNG (golali.com) -  Uji klinis vaksin Covid-19 fase tiga ditandai dengan penyuntikan oleh Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjajaran (Unpad) kepada relawan di Rumah Sakit
Pendidikan Unpad, Selasa 11 Agustus 2020, yang disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

“Kini kita tunggu enam bulan ke depan. Mohon dukungan dan doa atas vaksin yang saya pastikan halal ini. Insyaa Allah, jika uji klinis fase tiga ini berjalan lancar, kita siapkan registrasi ke Badan POM untuk kemudian diproduksi masal dan bisa digunakan mengatasi virus Covid-19 ini,” ucap Menteri BUMN sekaligus sekaligus Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN), Erick Thohir dikutip dari biofarma.co.id, Selasa (11/8/2020).

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengungkapkan produksi vaksin Covid-19 akan memanfaatkan fasilitas produksi yang sudah ada di lahan Bio Farma, sehingga tidak perlu melakukan tambahan investasi untuk memproduksi vaksin Covid-19 ini.


"Indonesia melalui Bio Farma, sudah mempersiapkan fasilitas produksi vaksin Covid-19 dengan kapasitas maksimal sebanyak 100 juta dosis, dan pada akhir Desember 2020 akan ada tambahan kapasitas produksi sebanyak 150 juta dosis. Mudah-mudahan kapasitas yang kami miliki ini, dapat membantu pemerintah dalam menghadapi dan mengatasi pandemi Covid-19 melalui produksi vaksin Covid-19”, sambung Honesti.