Resensi Buku The Art of Restaurant Review, Menuangkan Rasa  Dalam Tulisan

Resensi Buku The Art of Restaurant Review, Menuangkan Rasa  Dalam Tulisan
Buku The Art of Restaurant Review

Judul Buku

:

The Art of Restaurant Review

Penulis

:

Kevindra P Soemantri

Jumlah Halaman

:

XIII + 121 Halaman

Penerbit

:

POP

Cetakan

:

Cetakan I, Agustus 2020

ISBN

:

978-602-481-444-1

 

Buku The Art of Restaurant Review : Panduan seni mengulas restoran dan makanan untuk penulis, jurnalis, blogger, hingga content creator ini, memaparkan kepada pembaca untuk menjadi penulis handal dalam bidang kuliner memerlukan berbagai pengetahuan.

 

Mulai dari pengetahuan dalam bidang kuliner dan restoran, teknik menulis, sejarah makanan, bahkan sampai manajemen restoran.

 

Sehingga penulis tidak hanya mengatakan rasa makanan itu enak atau restoran itu nyaman, tetapi bisa menceritakan makna enak dari makanan tersebut maupun nyaman dari tempat makanan tersebut.

 

Hasilnya pembaca akan mendapatkan pengetahuan baru, dalam membaca ulasan dari suatu restoran dan makanan.

 

"Eksplorasi rasa harus menjadi landasan semangat setiap pengulas restoran. Makan adalah bentuk petualangan ke semesta yang berbeda. Dengan makan, kita bisa kembali melihat masa lalu- merasakan masa lalu.

 

Kita juga bisa memprediksi masa depan dengan mencicipi makanan dan menganalisa, mulai dari bahan baku hingga tren terbaru.

 

Dengan makan, kita juga bisa mempelajari karakter masyarakat di daerah sekitarnya,  hingga belajar bagaimana makanan memiliki nilai dan kisah yang berbeda-beda di setiap tempat.

 

Makanan menjadi kacamata untuk kita bisa bercerita tentang dunia yang lebih luas, melalui percikan manis, asam, asin, pahit, pedas, dan segala spektrumnya," (Halaman 26)

 

Buku karya penulis dan editor kuliner, Kevindra Prianto Soemantri ini, menjelaskan bagaimana seorang pengulas restoran memiliki tiga tanggung jawab.

 

"Tiap tulisan yang Anda tulis bertanggung jawab kepada industri kuliner, pembaca, dan kepada institusi atau individu tempat makan," (Hal 101).

 

Dalam buku ini pembaca akan menemukan sejarah dari profesi food wrtiting (penulisan makanan) sebagai cikal bakal restauran review (pengulas restoran). Adapula catatan tentang teknik memasak, yang sangat penting untuk diketahui seorang penulis makanan.

 

Selain itu, terdapat pula contoh ulasan kuliner dan restoran bagi pembaca yang akan menjalani pekerjaan dan hobi mengulas makanan dan restoran melalui tulisan. Selamat belajar mengulas dan menulis makanan serta kuliner, sehingga menjadi penulis yang handal.(*/golali.com)