Resep Bala-bala yang Sederhana dan Praktis

Resep Bala-bala yang Sederhana dan Praktis
Bala-bala

BANDUNG (golali.com) - Kudapan yang dalam bahasa Sunda disebut bala-bala dan bakwan kata orang Jawa ini, sepertinya menjadi salah satu cemilan yang banyak digemari semua kalangan. 

Kuliner yang satu ini kemungkinan berasal dari Jawa Barat, dimana nama bala-bala diadopsi dari kata bala (bahasa Sunda) merujuk pada kondisi banyak sampah. Mungkin hal ini terlihat dari bentuk bala-bala yang tidak beraturan dan terdiri dari beberapa sayuran yang susunannya tidak teratur.

Ingin tahu bagaimana cara membuat kudapan yang banyak dijual di pinggir jalan ini, berikut resep versi golali.com yang mudah untuk ditiru, selamat memasak. 


Bahan : 
1/2 kg    Tepung Terigu 
1/2 kg     Minyak Kelapa atau Sawit
1 butir   Telur
Air secukupnya
1/2 buah Kol berukuran besar 
4  buah Wortel 
2 lembar daun bawang 
2 lembar seledri 

Bumbu : 
1 sendok teh merica 
1 siung bawang putih 
Garam secukupnya 

Cara membuat : 
Potong kol dan wortel seukuran korek api, iris daun bawang dan seledri. Haluskan bumbu. Untuk adonan campurkan tepung terigu, bumbu halus, telur, kol, wortel, daun bawang, dan seledri aduk sampai tercampur.

Terakhir masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan mengental. Selanjutnya bentuk adonan dengan sendok, masukkan ke dalam minyak panas, bolak-balik sampai semua bagian berwarna kecokelatan.

Penggunaan telur dalam adonan ini, supaya bala-bala yang dihasilkan lebih kering dan kriuk. Bala-bala biasanya dinikmati dalam berbagai kesempatan. Bala-bala bisa dimakan dengan lontong, dicampur kecap, cabai rawit, saos, dan sambal tergantung selera.