Ridwan Kamil Telah Ikuti  Tahap I Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase IIII

Ridwan Kamil Telah Ikuti  Tahap I Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase IIII
Dok Facebook Ridwan Kamil

 

BANDUNG (golali.com) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 fase III, yang dilakukan di Puskesmas Garuda Kota Bandung pada Selasa, 25 Agustus 2020. Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) baru mengikuti tahap satu dari lima tahap, tahap awal ini meliputi pemeriksaan kesehatan, pengambilan swab, pengecekan kondisi paru-paru, dan penandatanganan surat perjanjian hak dan kewajiban relawan tes Covid-19. 

Selain Gubernur Jabar jajaran lainnya dari Forkopimda Jabar  yang menjadi relawan yakni Kapolda,Pangdam, dan Kajati Jawa Barat. Dikutip dari humas.jabarprov.go.id, sebelum menjadi relawan, Kang Emil telah melakukan berbagai persiapan terkait kondisi fisik dan mental untuk mengikuti program ini.

"Seminggu terakhir mencoba memaksimalkan kebugaran. Olahraga, makan diatur tidak asal-asalan. Untuk batin, ibadah juga ditingkatkan, sambil baca-baca tentang informasi vaksin," ucap Kang Emil.

Selain itu, Kang Emil pun banyak berkomunikasi dengan Ketua Tim Uji Klinis Vaksin COVID-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) Profesor Kusnandi Rusmil terkait vaksin.

"Wajar karena belum pernah jadi relawan uji klinis sebelumnya. Jadi ada sekian persen rasa waswas yang masuk akal. Tapi, karena sudah dua jam dikuliahi oleh Prof Kusnandi sehingga menjadi lebih tenang," terang Kang Emil.

Kang Emil berpesan sebelum vaksin ini hadir, agar tetap mematuhi protokol kesehatan  yaitu memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan jauhi kerumunan.