Rincian Bantuan Kuota Data Internet untuk Belajar

Rincian Bantuan Kuota Data Internet untuk Belajar
Ilustrasi pembelajaran secara online. Kemendikbud bantu kuota data internet untuk pembelajaran jarak jauh (Dok Humas Pemkot Bandung)

 

 

JAKARTA (Golali.com) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan operator seluler, melanjutkan penyaluran bantuan kuota data internet untuk peserta didik dan pendidik. Dengan besaran kuota yang berbeda- beda, berdasarkan jenjang pendidikan. 

 

Mengutip kuota-belajar.kemdikbud.go.id, rincian bantuan kuota data internet bagi peserta didik dan pendidik :

 

 1. Peserta didik jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) sebesar 7 Gb per bulan, untuk pendidik jenjang PAUD 12 GB per bulan. 

 2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 10 GB per bulan. Pendidik jenjang pendidikan dasar dan menengah 12 GB per bulan.

 3. Dosen dan mahasiswa 15 GB per bulan.  

Baca juga : 

 

Kuota data ini dapat digunakan  untuk mengakses semua laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir Kementerian Komunikasi Komunikasi dan Informatika Informatika (Kemenkominfo Kemenkominfo) serta daftar pengecualian yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet  kuota-belajar.kemdikbud.go.id, yaitu :

 

 1. Situs yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika

 2. Twitter 

 3. Instagram 

 4. Facebook

 5. Tiktok

 

Daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan di atas dapat bertambah sewaktu-waktu.

 

Waktu penyaluran kuota data internet, setiap bulan yaitu tanggal 11 sampai 15. Kuota internet ini akan berlaku selama 30 hari setelah penyaluran. Kebijakan ini berlaku mulai Maret sampai Mei 2021.

 

Informasi lebih detail tentang bantuan  kuota data internet Kemendikbud dapat diakses melalui melalui situs resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id. (*/Golali.com)