Salma Nazella Fortuna, Menghadirkan Kebahagiaan dengan Menyanyi

Salma Nazella Fortuna, Menghadirkan Kebahagiaan dengan Menyanyi
Salma Nazella Fortuna

 

TASIKMALAYA (golali.com) - Menyanyi mampu menghadirkan kebahagiaan untuk diri sendiri maupun orang lain, itulah yang dirasakan penyanyi muda asal Kota Tasikmalaya Salma Nazella Fortuna. Maka tak mengherankan jika hobinya menyanyi sejak duduk di bangku taman kanak-kanak (TK), terus dipupuk hingga kini menjalaninya secara profesional.

 

"Saya suka menyanyi sejak kecil dari TK. Ya cita-cita ingin menjadi penyanyi. Karena bagi saya seni mengandung unsur keindahan dan memberikan kesenangan untuk orang lain, sementara menurut agama Islam memberikan kesenangan kepada orang lain itu adalah ibadah," tutur mojang kelahiran Tasikmalaya, 23 Agustus 1998 saat berbincang secara daring dengan golali.com, Minggu (19/7/2020).

 

Berbagai proses terus Salma jalani untuk mencapai asanya menjadi penyanyi, dengan dukungan penuh kedua orangtuanya dan orang-orang sekitarnya yang memberikan semangat. Meskipun telah memiliki suara merdu, sebagai modal awal seorang penyanyi, Salma tak segan belajar kepada berbagai pihak guna mengasah kemampuannya dalam olah vokal.

 

"Orang pertama yang mengajarkan bernyanyi Bu'De saya sendiri, lalu guru kesenian saat saya sekolah di SMP Al-Muttaqin namanya bapak Yudis. Bu Reni guru kesenian di SMA dan les vokal di Purwa Caraka Music Studio gurunya bernama Bu Isya," sambung mahasiswi Strata I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

 

Salma menceritakan pengalaman pertamanya unjuk suara merdunya di hadapan khalayak umum, saat mengikuti Lomba Pupuh Tingkat Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Tasikmalaya. "Saat itu campur aduk rasanya, antara bangga dan sedikit gugup karena itu baru pertama kali tampil," kenang Salma tersenyum.

 

Dari titik inilah, Salma terus mengasah bakatnya dalam dunia seni hingga mampu menjadi juara ke-2 pada lomba dirigen paduan suara tingkat SMA Se-Jawa Barat. Selain itu Salma pun sering bernanyi di berbagai acara yang ada di Kota Tasikmalaya.

 

"Salah satu pementasan yang paling berkesan yaitu saat tampil dalam acara Purwa Caraka Music Studio di Plaza Asia, saya  sangat bahagia dan bangga bisa tampil di mal atau tempat umum," terang Salma.

 

Selain itu dengan perkembangan teknologi, Salma pun memanfaatkan situs berbagi video YouTube untuk mempublikasikan karya-karyanya dalam bernyanyi. Untuk itu perempuan yang mampu memainkan ukulele ini membuat channell YouTube sejak 2018, salah satu karya terbaru yang dipublikasikan yaitu cover lagu  "Tak Sanggup Melupa #TerlanjurMencinta" yang diciptakan Yovie Widianto dan dibawakan Ziva Magnolya. Berikut linknya di YouTube https://youtu.be/U-yygc-m9xQ.

 

Salma meng-cover lagu ini bersama guru kesenian sewaktu SMP yakni Yudhistira Rejki Firdaus. Salma mengaku lebih menyenangi membawakan lagu bergenre pop dan pop religi.

 

"Lagu pop lebih enak didengar.  Pop religi bisa dijadikan musik renungan,  sebagi alat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT." Kata Salma.

 

Dalam berkarya Salma menjadikan Nissa Sabyan dan Agnes Monica sebagai inspirasinya. Salma beralasan Nissa Sabyan adalah penyanyi yang religius, sedangkan Agnes Monica mampu memasuki industri musik dunia alias go internasional dan jago dance.

 

 

Biodata

 

 

Nama Lengkap

:

Salma Nazella Fortuna

Panggilan

:

Salma

Lahir

:

Tasikmalaya, 23 Agustus 1998

Pendidikan

:

Mahasiswi Strata I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Pekerjaan

:

Musisi, Entpreneur, Guru Seni Budaya, dan Dosen Luar Biasa

Twitter

:

Hellonazellf

Facebook

:

Salma Nazella Fortuna

Instagram

:

Salmanazf

Youtube

:

Salmanazf