Satpol PP dan Dinsosnangkis Antisipasi PMKS Musiman

Satpol PP dan Dinsosnangkis Antisipasi PMKS Musiman
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Guna mengantisipasi munculnya para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) musiman yaitu anak jalanan, gelandangan, dan pengemis baru yang memanfaatkan momen saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung  berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung untuk terus melakukan penjangkauan yang bertujuan untuk menuntaskan masalah PMKS. 

“Fenomena sekarang menjelang Idul Fitri banyak migrasi dari luar khususnya anak jalanan, gelandangan dan pengemis. Kita adakan penertiban dan pembinaan dengan tim Dinas Sosial. Termasuk yang "kupu-kupu malam" akan kita antisipasi,” tegas Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi dalam rilis yang diterima golali.com, Jumat (8/5/2020) petang. 

Pihaknya melakukan penjangkauan secara berkala, yaitu berpatroli menyusuri sejumlah ruas jalan tempat para PMKS beroperasi. Selain itu, pihaknya menindak lanjuti laporan dari masyarakat terkait informasi titik-titik PMKS. 

Dalam patroli maupun menindaklanjuti laporan masyarakat, para PMKS tersebut meskipun sudah terjaring operasi dan dilakukan pembinaan di Dinsosnangkis Kota Bandung tetapi setelah dipulangkan banyak yang kembali beroperasi. Untuk itu pihaknya melakukan beragam strategi untuk mengatasi masalah tersebut. 

“Yang saya tau SOP (Standar Operasional Prosedur)-nya pembinaan 3 hari. Itu bisa jadi dia malah kembali lagi. Kalau ketemu pasti kita akan ambil lagi. Makanya saat patroli kita juga tetap harus pakai taktik dan strategi, kalau begitu saja datang mereka pasti mudah kabur,” pungkas Rasdian.