Sedikitnya Ada Lima Manfaat dari Salat Bagi Kesehatan

Sedikitnya Ada Lima Manfaat dari Salat Bagi Kesehatan
Manfaat salat (Dok Humas Pemkot Bandung)

  
Salat sebagai Rukun Islam yang kedua selain sebagai bentuk ibadah ritual, juga memiliki manfaat yang sangat dahsyat untuk kesehatan tubuh. 


Mengutip dari buku Tips Sehat Rasulullah karya M.Nur Aini, M.Kes. berikut sedikitnya lima manfaat di balik pelaksanaan salat sebagai aktivitas spiritual :


1.Berdiri tegak dalam salat 


Gerakan-gerakan salat bila dilakukan dengan benar, selain menjadi latihan yang menyehatkan juga mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. 


M.Nur Aini mengutip penelitian dari Prof H Muhammad Hembing Wijayakusuma, berdiri tegak pada waktu salat membuat seluruh saraf menjadi satu titik pusat pada otak, jantung, paru-paru, pinggang, dan tulang punggung lurus dan bekerja secara normal.

Kedua kaki yang tegak lurus pada posisi akupuntur, sangat bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.


2.Rukuk 


Rukuk sangat baik untuk menghindari penyakit yang menyerang ruas tulang belakang, yang terdiri dari tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang, dan ruas tulang tungging.

Dengan melakukan rukuk telah menarik, menggerakan dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di otak, punggung, dan lain-lain.


3. Sujud 


Bersujud dengan meletakkan jari-jari tangan di depan lutut membuat semua otot berkontraksi. Gerakan ini bukan saja membuat otot-otot itu akan menjadi besar dan kuat, tetapi juga membuat pembuluh darah dan urat-urat getah bening terpijat dan terurut. 


Posisi sujud ini juga sangat membantu kerja jantung dan menghindari mengerutnya dinding-dinding pembuluh darah.

Baca juga : 


4. Duduk tasyahud 


Duduk tasyahud akhir atau tawaruk, di mana posisi duduk dengan mengangkat kaki kanan dan menghadap jari-jari ke arah kiblat ini, secara otomatis memijat pusat-pusat daerah otak, ruas tulang punggung teratas, mata, otot-otot bahu, dan pada bagian ujung kaki.


5.Salam 


Gerakan salam akhir berpaling ke kanan dan ke kiri sangat bermanfaat membantu menguatkan otot-otot leher dan kepala. (*/Golali.com)