Sosialiasi Perwal tentang AKB, Wakil Wali Kota Bandung Datangi Pasar Cihapit 

Sosialiasi Perwal tentang AKB, Wakil Wali Kota Bandung Datangi Pasar Cihapit 
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Guna meningkatkan kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan dan menyosialisasikan Peraturan Wali (Perwal) Kota Bandung Nomor No 43 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru (AKB), Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mendatangi salah satu pusat keramaian warga yaitu Pasar Cihapit Kota Bandung. 

Yana mengingatkan, pertahanan paling dasar untuk menjaga standarisasi protokol kesehatan ini dengan senantiasa menggunakan masker. Terkait penerpan sanksi dalam aturan baru yaitu sanksi tidak menggunakan masker ini, diutamakan untuk memberikan efek jera dalam menjaga kedisiplinan standarisasi protokol kesehatan.


"Karena memang salah satu poin perubahan Perwal ini soal pengenaan sanksi, ada sanksi ringan, sanksi sedang, sanksi berat. Penekananannya pada penggunaan masker," tegas Yana dalam rilis yang diterima golali.com, Rabu (5/8/2020).

Yana berharap warga taat untuk menggunakan masker dan jika pun ada yang melanggar, pihaknya berharap hanya cukup dengan sanksi sosial guna memberikan efek jera kepada pelanggar. Sebab, hukuman sosial ini bisa diterapkan kepada pelanggar tanpa harus memandang kemampuan ekonomi ataupun pertimbangan kondisi fisik.


"Intinya sanksi itu kita akan berikan agar berdampak efek jera, bukan beratnya sanksi atau denda. Mudah-mudahan dengan sanksi ringan atau sanksi sosial orang sudah ada efek jera ya sudah cukup. Sanksi denda itu paling akhir karena denda itu relatif, tapi kalau sanksi sosial tua muda atau kaya miskin bisa melakukan, kalau denda bisa jadi yang kaya itu menggampangkan jadinya ya udah mending bayar denda saja," sambung Yana.