Tanpa Masker di Ruang Publik Kota Bandung, Denda Rp100 Ribu Menanti

Tanpa Masker di Ruang Publik Kota Bandung, Denda Rp100 Ribu Menanti
Dok Humas Pemkot Bandung

BANDUNG (golali.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberlakukan sanksi denda administratif senilai Rp100 ribu, bagi siapa pun yang tidak mengenakan masker di ruang publik Kota Bandung. Mengutip rilis yang diterima golali.com, Minggu 2 Agustus 2020, ketentuan ini berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal)  Nomor 43 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dalam rangka pencegahan dan pengendalian virus corona (Covid-19). Perwal tersebut dikeluarkan untuk merevisi aturan sebelumnya yaitu Perwal Nomor 37 Tahun 2020. Perwal Nomor 23 Tahun 2020 ini ditetapkan Wali Kota Bandung Oded M Danial pada 30 Juli 2020.

Sementara berdasarkan Perwal tersebut, 
pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran dilakukan oleh Gugus Tugas tingkat kota, Gugus Tugas tingkat kecamatan, dan Gugus Tugas tingkat kelurahan.


Adapun denda administratif wajib disetorkan ke kas daerah kota. Pembayaran denda administratif juga dapat dilakukan secara tunai atau nontunai. Surat ketetapan denda administratif AKB di Kota Bandung berdasarkan bukti pelanggaran yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung untuk pelanggaran AKB tingkat kota. Sedangkan Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan untuk pelanggaran AKB di tingkat kecamatan dan kelurahan.