Tekan Covid-19 dengan Kampung Tangguh Nusantara 

Tekan Covid-19 dengan Kampung Tangguh Nusantara 
Dok Humas Pemkot Bandung

 

BANDUNG (golali.com) - Guna menekan pemyebaran Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, TNI, dan Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Bandung meluncurkan program Kampung Tangguh Nusantara. Kampung Tangguh Nusantara memberdayakan RT dan RW untuk terlibat secara aktif mendeteksi dini sekaligus mengedukasi warga menghadapi bencana alam dan nonalam termasuk Covid-19.

Salah satu kelurahan yang menjadi percontohan program ini, yakni Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong.
Program Kampung Tangguh Nusantara Kelurahan Kebon Kangkung memiliki fasilitas penunjang kesiap siagaan Covid-19 di antaranya lumbung pangan hade, posko kesehatan, posko keamanan, ruangan isolasi mandiri, dan pusat informasi. 


"Pertama kita melihat dari status Covid-19 di kecamatan ini. Kedua kesiapan wilayah di Kecamatan Kiaracondong saya kira sudah siap. Mudah-mudahan diawali di Kecamatan Kiaracondong bisa menjadi spirit sekaligus menjadi contoh wilayah lainnya. Kecamatan Kiaracondong merupakan wilayah kedua tertinggi kasus Covid-19 di Kota Bandung. Sehingga adanya dorongan masyarakat untuk memerangi Covid 19 di kewilayahan. Teknisnya kita hanya mengedukasi kepada masyarakat. Setidaknya kita bisa menekan penyebaran Covid-19 ini," terang Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dalam rilis yang diterima golali.com, Selasa (16/6/2020).

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyambut baik program kolaborasi ini, sehingga dapat memperkuat Kota Bandung dalam menekan pandemi Covid-19. 

"Saya sangat apresiasi Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Kebon Kangkung. Ini menjadi torehan sejarah, dan saya mengucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI. Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) semakin ini solid dan harmonis membangun Kota Bandung, khususnya menghadapi Covid-19," terang Oded.