Tipe-tipe Supir Angkot

Sebelumnya golali.com, sempat membahas tipe-tipe Penumpang di Angkutan Umum, sekarang yang akan dibahas orang yang punya peran penting di angkutan umum. Yup, dialah supir angkot, ada berbagai tipe supir angkot yang biasa ditemui para angkoters, antara lain :

Supir Angkot yang ramah

Biasanya supir angkot ini dengan santai menaikan dan menurunkan penumpang di tempat yang semestinya. Kalau penumpang baru naik, supir angkot akan menunggu sampai penumpangnya dapat tempat duduk yang baik dan benar begitupun ketika menurunkan penumpang. Supir ini biasanya mengantarkan penumpang sesuai dengan rute trayek angkot itu, artinya tidak menurunkan penumpang sebelum sampai rute semestinya. Kalaupun harus menurunkan penumpang, karena tidak ada lagi penumpang yang lain, supir angkot ini biasanya menggratiskan atau meminta ongkos sesuai dengan keikhlasan penumpangnya, dengan meminta maaf dan berterima kasih kepada penumpang. 

Supir Angkot yang Semaunya Menurunkan Penumpang

Tipe supir angkot seperti ini, yang membuat warga enggan menaiki angkot dan beralih menggunakan kendaraan pribadi. Selain tidak meminta maaf karena tidak sesuai rute trayek angkot, supir sering juga meminta ongkos penuh padahal tidak sampai tempat tujuan penumpang. (Ditengah perjalanan diturunkan karena berbagai alasan)

Supir Angkot yang Suka Ngetem Lama Banget

Ada tipe supir angkot, yang meskipun angkotnya hampir penuh tempat duduknya dengan kata lain kurang satu penumpang, tetapi tetap tidak jalan karena inginnya angkotnya penuh banget. Jadi, tipe ini biasanya bela-belain nunggu sampai satu jam lebih untuk nyari satu penumpang, akhirnya biasanya penumpang yang kesal pilih untuk turun dan ganti angkot yang lain. Ya, memang penumpang semua mengerti, supir angkot pasti harus dapat setoran yang banyak, tapi kalau ngetem lebih dari satu jam untuk satu penumpang rasanya kebangetan.

Supir Angkot yang Seenaknya Menentukan Ongkos

Ada beberapa supir angkot yang jika dikasih ongkos sesuai tarif, minta lagi atau jika penumpang ngasih uang cukup besar biasanya dikasih kembalian tidak sesuai dengan tarif aslinya.