Tiga Rumus Aman untuk Sektor Pariwisata Jabar

Tiga Rumus Aman untuk Sektor Pariwisata Jabar
ilustrasi pixabay

 

BANDUNG (golali.com) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil membeberkan tiga rumus aman operasional kembali, seluruh pariwisata di Jabar dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pertama 
proses pemesanan dan pembelian tiket secara online atau dalam jaringan (daring), kedua menjaga keamanan transportasi serta perjalanan wisata, dan ketiga menjaga kedisiplinan wisatawan dalam menerapkan protokol kesehatan antara lain pakai masker, jaga jarak aman, dan cuci tangan pakai sabun.


"Jika semua (protokol adaptasi) itu diterapkan semua pariwisata di Jawa Barat, seharusnya apapun jenis wisata di Jawa Barat bisa dibuka lagi," urai Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) dikutip dari humas.jabarprov.go.id, Kamis (16/7/2020).

Untuk itu, Pemprov Jabar telah berkoordinasi dengan pimpinan daerah yang wilayahnya menjadi tujuan wisata dan melakukan pengecekan kesiap penerapan protokol kesehatan di sejumlah lokasi wisata dan sarana transportasi umum. Sebelum memberikan izin operasional kembali destinasi wisata.

“Saya cek dari mulai masuk ke titiknya ada tanda jaga jarak. Kemudian saya pastikan semua pengelola, karyawannya pakai masker dan face shield. Saya juga melakukan pengecekan transportasinya. Pembatasan, jarak, jadwal, dan termasuk (cara) booking-nya,” imbuh Kang Emil.

Jika semua sektor pariwisata sudah sesuai dengan rumus aman tersebut, Pemprov Jabar akan mempromosikan kembali potensi wisata Jabar. 


“Intinya, saya juga ingin cepat-cepat pariwisata kembali normal, hanya saya butuh jaminan bahwa pelaku industrinya sudah disiplin mengamankan wilayahnya dan wisatawannya juga sudah beradaptasi dengan kebiasaan baru,” pungkas Kang Emil.