Toko Jamu Babah Kuya Di mana? Ini Rutenya

Toko Jamu Babah Kuya Di mana? Ini Rutenya
Dua Toko Jamu Babah Kuya di Sekitaran Pasar Baru Kota Bandung (Dok Golali.com)

 

 

 

 

BANDUNG (Golali.com) - Toko Jamu Babah Kuya di sekitaran Pasar Baru, termasuk tempat yang legendaris. Toko Babah Kuya yang menjual jamu, bahan herbal, dan rempah-rempah ini telah hadir sejak 1800 atau lebih dari 2 abad yang lalu.

 

Toko Babah Kuya menghadirkan berbagai jamu, untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, darah tinggi, dan lain-lain. Jamu  dalam bentuk ekstrak powder yang berasal dari herbal maupun rempah-rempah, yang tinggal seduh. 

 

Selain itu, adapula yang bentuknya masih utuh herbal dan rempah kering seperti daun insulin, pecah beling, kapulaga, kayu manis, dan lain-lain. Toko Jamu Babah Kuya menjual dalam bentuk paketan maupun per ons. 

 

Baca juga : 

 

Letak Toko Babah Kuya berada di belakang Pasar Baru. Ada dua Toko Babah Kuya, yang ditandai dengan pernak-pernik patung kura - kura (kuya dalam bahasa Sunda)

 

1. Babah Kuya Indonesia, jual bahan herbal dan rempah-rempah berdiri sejak 1800 Jalan Pasar Selatan No 33 Bandung (022) 4238517. Inilah yang tertera di depan toko 

 

 

2. Toko Jamu Babah Kuya, sejak 1800 -an, Jalan Pasar Barat No 44 Bandung. Inilah yang tertera di depan toko  

 

 

Untuk mencapai kedua toko, ini rutenya jika menggunakan kendaraan umum 

 

  - Dari luar kota Bandung bisa menggunakan kereta api, turun di Stasiun Bandung  keluar melalui Terminal Stasiun Hall dan tinggal jalan kaki ke Jalan Pasar Barat, melewati pasar tradisional pasar baru belakang yang menjual sayur mayur dan bahan pokok.  

  - Dari Terminal Leuwi Panjang, bisa menggunakan bus Damri Leuwi Panjang - Dago, turun di Jalan Suniaraja dekat Stasiun Hall 

  - Dari Halte Elang atau Cibereum, dapat menggunakan TMB Cicaheum - Cibeureum, turun di Jalan Suniaraja dekat Stasiun Hall. 

  - Dari Cicaheum, dapat menggunakan TMB Cicaheum - Cibeureum turun di Jalan Jendral Sudirman sekitaran Jalan Tamim tinggal jalan kaki.

  - Dari Cibiru, dapat menggunakan Damri Cibiru - Kebon Kalapa turun di perempatan Jalan Jendral Sudirman, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Otto Iskandar Dinata. Tinggal jalan kaki melewati Jalan Tamim.  

  - Dari Lembang bisa menggunakan angkot Lembang - Stasiun Hall.

 

- Sekitaran Kota Bandung dapat menaiki angkutan umum yang menuju Stasiun Hall. 

 

Rute menuju Toko Babah Kuya dengan kendaraan pribadi  : 

 

  - Keluar pintu tol Kopo, melewati Jalan KH Wahid Hasyim, belok di Jalan Pagarsih menyusuri Jalan Gardujati belok menuju Jalan Suniaraja, belok kiri ke Jalan Pasar Barat. atau 

  - Dari arah Cicaheum melewati Jalan Ahmad Yani, belok ke Jalan Ibrahim Adjie lalu melewati Jalan Jakarta kembali lagi ke Jalan Ahmad Yani masuk Jalan Asia Afrika.

  - Dari Jalan Asia Afrika menuju Jalan Jendral Sudirman, belok kanan ke Jalan Tamim. (*/Golali.com)