Ventilasi Ruangan Buruk, Diduga Sebabkan Penyebaran Covid-19 di Perkantoran

Ventilasi Ruangan Buruk, Diduga Sebabkan Penyebaran Covid-19 di Perkantoran
Dok Humas Pemprov Jabar

 

BANDUNG (golali.com) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan penyebaran Covid-19 di perkantoran akibatnya kurangnya ventilasi di ruangan termasuk ruangan ber-AC, sehingga menjadi area yang mudah ditulari Covid-19. Untuk itu pihaknya merekomendasikan kepada instansi perkantoran untuk menerapkan work from home (WFH). 


"Work from home menjadi rekomendasi kami. Karena dari kasus di perkantoran, mengindikasikan agar kantor-kantor rajin membuka jendela," ucap Kang Emil sapaan dari Ridwan Kamil dikutip dari humas.jabarprov.go.id, Selasa (4/8/2020).

Menurut Kang Emil, kasus Covid-19 di perkantoran mengingatkan semua pihak dalam meningkatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan,  yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Selain itu, kasus Covid-19 di perkantoran belum tentu murni terjadi di perkantoran (penularan internal), namun bisa disebabkan oleh perilaku karyawan yang tidak terkontrol saat berkegiatan di luar kantor (eksternal).

"Belum tentu Covid-19 itu ada di kantornya, (penularan) ini bisa saja karena perilaku dari karyawan atau staf yang sepulang kantor melakukan kegiatan yang tidak terkontrol (di luar kantor)," tandas Kang Emil.